Apa itu Pabx dan Fungsinya

Apa itu Pabx dan Fungsinya

Apa itu Pabx dan Fungsinya ?
PABX (Private Automatic Branch eXchange) adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang mempunyai fungsi sebagai pembagi atau pengatur lalu lintas sambungan telepon baik di internal (extension to extension) maupun external (outgoing & incomming).

Sambungan internal (extension to extension) terjadi antara handset telepon yang tersambung melalui kabel ke pabx dan diatur oleh pabx itu sendiri yang tidak melibatkan sambungan telekomunikasi ke luar dan tidak terhubung dengan layanan telekomunikasi publik (tidak menggunakan layanan semisal telkom).

Sedangkan sambungan external terjadi ketika telepon dari dalam melalui pabx tersambung ke perangkat lain di luar kantor yang tidak terhubung secara langsung dengan pabx tersebut melalui kabel telepon.

Di era yang serba canggih sekarang ini telekomunikasi baik itu dalam kehidupan pribadi, organisasi, perusahaan-perusahaan kecil maupun besar sangat berperan penting dalam mendukung kemajuan usaha di bidangnya masing-masing.

Sebelum teknologi berkembang dan maju pesat, dahulu setiap orang dalam berhubungan (menyampaikan informasi) hanya bisa bertatap muka (face to face), atau melalui surat yang diantar oleh seorang kurir.

Saat ini kemajuan teknologi semakin pesat. Untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh sudah bisa dengan mudah dan murah bisa dilakukan siapapun melalui perangkat telekomunikasi telepon dan handphone/smartphone.

Pada perusahaan yang terdiri dari banyak karyawan, untuk saling berkomunikasi antar pimpinan, karyawan, dan konsumen/client mereka menggunakan telepon kabel yang diatur oleh mesin telepon yaitu PABX.

Dengan penjelasan singkat diatas tersebut, maka dapat sedikit diketahui bahwa fungsi pabx adalah untuk mengatur dalam membagi sambungan komunikasi baik itu di internal (telepon antar ruangan) maupun external (telepon kantor/rumah ke perangkat luar melalui layanan telekmunikasi berbayar).

Salah satu pabx yang sudah terkenal dan seringkali digunakan untuk keperluan telekomunikasi baik itu untuk rumah hunian, toko, kantor, hotel, apartemen, dan lainnya salah satunya adalah PABX PANASONIC.

Panasonic telah mengeluarkan berbagai macam tipe Pabx sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Untuk kebutuhan dalam kapasitas kecil seperti rumah hunian, toko, kantor kecil bisa menggunakan Pabx Panasonic KX-TES824. Untuk kapasitas medium ke atas bisa menggunakan Pabx Panasonic KX-TDA100D, TDA200, TDA600. Pabx tersebut merupakan Pabx Hybrid yang bisa anda gunakan dengan  Telepon Digital dan Telepon Analog (single line)

Sedangkan untuk pabx yang mempunyai fitur IP antara lain IP-PBX Panasonic KX-HTS32, NS300, TDE200, TDE600, NS1000. Pabx ini bisa anda gunakan dengan memanfaatkan layanan internet dari provider, sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk telekomunikasi perusahaan anda.